Kasus Luna Maya Berbeda dengan Prita

JAKARTA, KOMPAS.com – Kabid Humas Polda Metro Jaya Boy Rafli Amar mengatakan kasus yang dialami Prita Mulyasari sangat berbeda dengan Luna Maya, meski sama-sama menggunakan media elektronik dalam mengungkapkan perasaannya, terkait masalah yang mereka hadapi.
“Kita menganggap enggak identik masalah Prita dan Luna Maya. Tidak sama potret kasus Prita dengan kasus Luna,” ulas Boy Rafli Amar saat ditemui di kantor Bidang Hubungan Masyarakat, Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (22/12/2009).
Boy menjabarkan bahwa kasus Prita dan presenter dan model iklan Luna Maya sangat berbeda versinya. “Kalau kasus Prita, berhubungan dengan ketidakpuasan terhadap suatu pelayanan publik, sedangkan Luna Maya berkeluh-kesah atas tindakan yang dilakukan infotainment,” jelas Boy.
Merujuk pada kasus Luna, Boy menandaskan dalam hal ini para pekerja infotainment sebagai pelapor, untuk sementara dianggap sebagai pihak yang dirugikan. “Biar bagaimana pun saat ini ada orang yang merasa dirugikan dan ingin mendapatkan pelayanan hukum,” kata Boy.
Boy juga menyayangkan tindakan Luna di microblogging twitter. “Kalau Luna Maya tidak senang dengan infotainment seharusnya dia melaporkan dengan proses hukum yang sesuai. Penggunaan kata-kata yang merendahkan hak orang lain itu tidak baik. Tidak boleh sembarangan memaki dan menjelek jelekan orang,” tekannya.
Luna Maya yang diancam dengan Undang-undang Nomer 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), bisa saja melanggar hukum jika terbukti bersalah. “unphysically attack (menyerang tanpa kontak fisik) bisa menjadi perbuatan melanggar hukum,” tegas Boy.
Meski begitu, pihak penyidik hingga saat ini masih mempelajari laporan dari para pekerja infotainment. Dikatakan Boy, pihak kepolisian tak mau gegabah dalam menyikapi masalah tersebut.

Published in: on December 22, 2009 at 1:44 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://diazvetiauda.wordpress.com/2009/12/22/kasus-luna-maya-berbeda-dengan-prita/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: