Salmon Bantu Cerdaskan Otak

(Kompas.com)

Salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3, DHA dan juga EPA. Ketiganya sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan fungsi otak. EPA (Eicosapentaenoic acid) diyakini memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit jantung, sedangkan DHA (docosahezaenoic acid) diperlukan untuk perkembangan otak dan syaraf.

Studi penelitian akhir – akhir ini menyatakan bahwa pada individu yang mengkonsumsi asam lemak ini pada diet mereka mempunyai pikiran yang jauh lebih tajam. Penelitian yang diterbitkan di International Journal of Cancer menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 yang yang mengandung DHA dan EPA membantu melindungi terhadap terjadinya kanker payudara.
Selain salmon, dari data-data yang telah dikeluarkan oleh Lembaga Gizi Departeman Kesehatan RI, beberapa jenis ikan laut Indonesia memiliki kandungan/kadar asam lemak omega-3 tinggi (ada yang sampai 10,9 g/100 g) seperti ikan lemuru, sidat, terubuk, tenggiri, kembung, layang, bawal, seren, slengseng, dan tuna.

Namun, perlu diingat, asam lemak ini mudah menguap bila ikan dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Cara terbaik yang dianjurkan adalah dengan ditim, karena asam lemaknya tidak hilang. Beberapa tips untuk variasi menu makanan Anda dengan salmon :

1. Sandwich
Buatlah sandwich isi salmon, dibadingkan dengan tuna, campurkanlah dengan mayonaise, mustard, tomat, wortel potong kecil, selada air dan seledri. Tambahkan yogurt strawberi sebagai pasangan makanan Anda. Jika mau, Anda dapat mengganti roti tawar putih dengan roti gandum.

2. Sup ikan
Masukkan potongan ikan salmon yang sudah direbus ke dalam sup krim brokoli yang Anda buat, tambahkan sedikit potongan brokoli untuk nutrisi ekstra sehingga didapatkan cita rasa yang pas. Selain mudah, makanan ini tidak banyak mengandung lemak dan kalori. Jika mau, Anda dapat memvariasikan makanan ini dengan membuat sup biasa dan dengan campuran sedikit tomat hijau yang sedikit terasa asam manis.

3. Burger salmon
Cincang salmon secukupnya, kombinasikan dengan bayam, bawang bombay , bawang putih yang dicincang halus. Aduk jadi satu dan bentuk bola – bola daging berukuran sedang. Panaskan wajan, masukkan minyak sedikit, masukan bola daging dan gepengkan dengan spatula. Sajikan dengan nasi dari beras merah.
dr. Intan Airlina Febiliawanti

Published in: on November 2, 2009 at 9:24 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://diazvetiauda.wordpress.com/2009/11/02/salmon-bantu-cerdaskan-otak/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: