Wisata Kuliner di Ayam Bakar Kremes Jaya Brothers (JB)

Ini dia, salah satu warung makan ayam bakar tenar di daerah Margonda Raya. Nama warung ini adalah Ayam Bakar Kremes Jaya Brother (Ayam Bakar JB). Tempat makan ini letaknya tidak jauh dari jalan Sawo, jalan kecil menuju Stasiun Kereta UI.
Warung Ayam Bakar JB ini biasa buka dari jam 6 sore hingga malam hari. Tadinya pemilik warung ini adalah orang Jawa yang suaminya bekerja di toko Jaya Aluminum yang berada di belakang warung Ayam Bakar JB. Setelah beberapa tahun, pasangan suami istri kemudian pulang ke daerah asal mereka dan warung pun ditutup. Atas beberapa alasan tertentu, pemilik toko aluminum Jaya, sebuah keluarga Cina, memutuskan untuk melanjutkan bisnis warung ini. Jadilah, keluarga Jaya berbisnis aluminum di siang hari dan berjualan makanan pada malam hari. Ini dimungkinkan karena sewaktu warung masih dijalankan oleh pemilik sebelumnya keluarga Jaya terkadang ikut membantu berjualan.
Sesuai dengan namanya, menu utama di warung ini adalah ayam bakar yang ditaburi kremes. Di tempat ini ayam bakar yang disajikan selalu ditaburi kremes goreng. Jadi, ini bukan ayam goreng yang lalu dibakar ulang. Sepertinya, ini adalah trik dagang yang dibuat oleh si pemilik warung guna menarik pengunjung. Bagusnya, trik ini memang manjur untuk menarik pembeli, tidak sedikit yang kemudian menjadi pelanggan. Selain ayam bakar, di tempat ini juga terdapat menu standar seperti nasi uduk, pecel ayam/lele goreng, the coto ceker, tempe/tahu mendoan, dan semuanya ditaburi dengan kremes.
Ayam bakar di warung JB enak dan rasanya menggunakan bumbu yang bernuansa manis. Daging ayam bakar terasa lunak lantaran oleh pemiliknya ayam ini sudah diramu dengan bumbunya dan diungkep sebelum dijual. Apabila ada pembeli yang memesan, barulah ayam tersebut dibakar. Cara ini bukan cuma membuat bumbu meresap lebih dalam pada daging ayam tersebut tapi juga mempersingkat waktu tunggu pelanggan. Cuma perlu waktu 5 menit saja bagi pembeli untuk mendapatkan pesanan mereka. Kremes gorengnya lumayan enak buat teman makan dengan nasi. Sebagai pelengkap, tentu saja ada sambal yang rasanya pedas. Apabila pembeli ingin agar ayam bakar yang dipesan terasa pedas, dia cukup memesannya pada pelayan. Nanti, ayam bakar tersebut akan diolesi dengan sambal sambil dibakar.
Bicara harga, ayam bakar di warung JB sepotongnya Rp9.000. Kalau digabung dengan seporsi nasi dan teh manis menjadi Rp11.000,- (standar lah). Lele groeng kremesnya Rp6.000,-. Hmm. ini termasuk bersahabat dengan kantung mahasiswa dan terbukti warung ini seringkali disambangi oleh mahasiswa UI yang telah selesai kuliah di sore hari atau penumpang kereta listrik yang baru turun di Stasiun UI.
Jika Anda tertarik, silahkan mampir di warung ini pada malam hari. Biasanya, Ayam Bakar JB baru buka jam 6 sore. Apabila Anda datang dari arah Lenteng Agung, tempat ini ada di sebelah kanan Margonda Raya. Jika Anda datang dengan kendaraan umum, minta agar sopir berhenti di depan restoran Bakmi Berkat. Setelah itu, Anda tinggal menyebrangi jalan Margonda Raya dan warung Ayam Bakar JB sudah di depan mata, persis di sebelah tempat kursus LP3T Nurul Fikri. Selamat bersantap,🙂
Catatan: Untuk citarasa, kremes yang diberikan enak. Karena kremesnya digoreng kering agar dia renyah saat dikunyah. Saya pribadi lebih memilih kremes yang renyah, garing dan agak asin. Di Ayam Bakar Kremes Jaya Brothers inilah saya bisa menikmatinya.

Published in: on October 10, 2009 at 6:27 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://diazvetiauda.wordpress.com/2009/10/10/wisata-kuliner-di-ayam-bakar-kremes-jaya-brothers-jb/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: